Paket Wisata Jogja Murah Terlengkap

Jogja adalah kota yang penuh dengan daya tarik wisata. Kota Budaya ini dikenal dengan kawasan Malioboro yang eksotis, bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri megah, serta destinasi wisata yang seru dan kekinian. Tak heran, Jogja selalu padat pengunjung, terutama tiap musim liburan.

Turis yang datang ke Jogja berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Ada di antaranya rombongan pelajar yang ingin menghabiskan liburan akhir semester. Ada pula pasangan suami istri yang ingin menikmati keindahan masa honeymoon. Namun, tidak sedikit rombongan karyawan dari sebuah perusahaan atau anggota sebuah organisasi yang berwisata ke Jogja sekaligus untuk menjalin keakraban.

paket wisata jogja 1 hari

Paket Wisata Jogja 1 Hari

  • Candi Borobudur
  • Kali biru
  • Pantai Glagah
  • Alun – alun Kidul

paket wisata jogja 2 hari

Paket Wisata Jogja 2 Hari

  • Candi Prambanan
  • Goa Pindul
  • Air Terjun Sri gethuk
  • Bukit Bintang

paket wisata jogja 3 hari

Paket Wisata Jogja 3 Hari

  • Kali Biru
  • Bukit Jangkang
  • Candi Borobudur
  • Pinus Pengger

paket wisata jogja 4 hari

Paket Wisata Jogja 4 Hari

  • Vulcano Jeep Merapi
  • Bukit Klangon
  • Lost World Castle
  • Taman Pelangi

paket wisata jogja 5 hari

Paket Wisata Jogja 5 Hari

  • Merapi Park
  • Kali Biru
  • Waduk Sermo
  • Bukit Jangkang

paket wisata honeymoon

Paket Wisata Honeymoon

  • Pantai Indrayanti
  • Goa Pindul
  • Sunset Candi Ijo
  • Bukit Bintang

Keuntungan Liburan dengan Paket Wisata

Berdasarkan sejumlah pilihan tersebut, Anda bisa mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan yang mungkin akan dihadapi selama berlibur. Nah, bagi yang memilih untuk menggunakan metode berlibur dengan paket wisata, berikut sejumlah keuntungan yang dapat Anda nikmati:

  • Lebih Santai Hingga hari-H

Bayangkan, saat hendak berwisata, kamu harus mempersiapkan berbagai hal yang akan dibutuhkan selama liburan. Salah satunya adalah penginapan untuk bermalam selama berada di tempat wisata. Anda juga perlu memikirkan sarana transportasi yang akan digunakan dari destinasi satu ke destinasi lainnya. Bukan hanya itu, menentukan itinerary perjalanan pun sangat penting supaya acara liburan berjalan lancar.

  • Perjalanan Wisata Lebih Optimal

Anda tentu akan lebih menikmati perjalanan jika segala urusan persiapan telah di-handle sepenuhnya oleh penyedia jasa perjalanan. Tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah-masalah yang mungkin terjadi selama liburan, misalnya kamar hotel yang dituju ternyata penuh. Tour leader akan mencari solusi yang paling efektif sehingga masalah tersebut dapat diatasi dan diselesaikan dengan baik.

  • Dapat bertemu dengan teman baru

Biasanya, penyedia jasa perjalanan menyediakan beberapa pilihan destinasi yang akan dikunjungi. Ketika traveling dengan menggunakan paket wisata tertentu, Anda akan menikmati perjalanan bersama dengan peserta yang lain. Ini adalah kesempatan emas untuk menambah beberapa teman baru. Apalagi jika trip yang dipilih lebih dari satu hari, pengalaman liburan dapat membuat Anda dan peserta lain lebih akrab.

  • Ada banyak pilihan paket wisata

Semakin banyak pilihan, wajar jika akhirnya menciptakan kebingungan. Pasalnya, Anda ingin mengunjungi semuanya, sementara waktu dan anggaran tidak mencukupi. Nah, oleh penyedia jasa, pilihan-pilihan ini dikelompokkan dalam beberapa paket. Pengelompokan didasarkan pada jarak antar destinasi, objek wisata yang wajib dikunjungi, dan pertimbangan lainnya.

  • Lebih mudah menentukan bujet liburan

Mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah trip liburan sangat penting. Sehingga, Anda bisa lebih siap dan dapat meminimalisasi masalah di tengah perjalanan. Namun, karena bersifat insidental, pengeluaran saat liburan bisa membengkak melebihi bujet yang telah ditentukan. Apabila Anda menggunakan jasa perjalanan dan memilih paket wisata tertentu, hal ini tidak akan terjadi.

  • Lebih aman dan tenang

Keuntungan lain menggunakan jasa perjalanan adalah lebih aman dan tenang. Bepergian sendiri atau bersama rombongan ke tempat baru tentu memiliki risiko keamanan. Karena tidak tahu situasi di tempat tersebut, Anda bisa saja mengalami masalah yang tak terduga. Nah, untuk meminimalisir risiko, percayakan liburan Anda kepada orang yang tepat dan berpengalaman.

Tips Liburan di Jogja yang Menyenangkan

Sebelum berlibur ke suatu tempat, ada baiknya Anda mengetahui tips-tips penting yang akan membuat perjalanan wisata menjadi lebih menyenangkan. Begitu pula ketika berkunjung ke Jogja, beberapa hal berikut perlu dipersiapkan:

Kunjungi Landmark Terkenal

Jangan sampai tidak berkunjung ke Malioboro saat berlibur ke Jogja. Kawasan ini merupakan destinasi wajib yang perlu Anda datangi saat berada di kota ini. Pasalnya, seluruh kegiatan masyarakat tumpah di sepanjang jalan Malioboro hingga Titik Nol, terutama pada sore dan malam hari.

Pilih Destinasi yang Kekinian

Jogja memiliki sejumlah destinasi baru yang dirancang dengan konsep kekinian. Jangan sampai ketinggalan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang menarik ini. Di tempat ini, Anda bisa berburu foto instagrammable untuk membuat feed media sosial menjadi lebih meriah.

Cicipi Kuliner Khas

Salah satu kuliner khas Jogja adalah gudeg. Selain itu, ada juga beberapa tempat makan atau restoran yang menyajikan menu tradisional. Saat berkunjung ke Jogja, ada baiknya Anda juga mencicipi makanan khas ini. Bahkan, beberapa jenis makanan dapat dibeli dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Berinteraksi dengan Masyarakat Setempat

Sangat penting untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat saat liburan ke suatu daerah. Di sini, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih dalam kebudayaan suatu daerah. Begitu pula ketika berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk bercakap-cakaplah dengan masyarakat lokal.

Jangan Sungkan Menawar Barang

Jika Anda bertransaksi dengan para penjual di sisi jalan Malioboro, jangan sungkan untuk melakukan tawar-menawar. Ini adalah kebiasaan yang umum dilakukan dalam transaksi jual beli. Bukan hanya untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, tetapi juga sebagai sarana untuk berkomunikasi. Sejatinya, kegiatan tawar-menawar dilakukan untuk menjalin silaturahmi antara pembeli dan penjual.

Utamakan Sopan Santun

Ada etika yang harus dilakukan ketika berinteraksi dengan orang lain. Hal ini juga berlaku ketika Anda berkunjung ke Jogja. Utamakan sopan santun ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Bukan hanya itu, selalu menjaga sikap saat berkunjung ke suatu tempat wisata adalah wajib hukumnya. Patuhilah ketentuan yang diberlakukan tersebut supaya perjalanan wisata menjadi menyenangkan.

Pilih Paket Wisata Paling Diinginkan

Jika Anda menggunakan jasa perjalanan, pilihlah paket wisata yang paling diinginkan. Jangan sampai memilih karena terpaksa atau mengikuti orang lain. Oleh karena itu, sebelum menentukan tempat yang akan dituju, lakukan riset terlebih dahulu mengenai objek wisata tersebut.

Sediakan Waktu yang Cukup Panjang

Tips lainnya adalah menyediakan waktu yang cukup panjang untuk berlibur ke Jogja. Banyak tempat wisata yang menarik untuk dituju. Anda bisa menuju ke arah utara yaitu Kaliurang atau ke arah selatan yaitu Pantai Parangtritis. Selain itu, Anda juga harus menyediakan waktu khusus untuk menuju wilayah pantai di Gunungkidul.

Destinasi Wisata Favorit di Jogja

Ada sejumlah destinasi wisata populer di Jogja. Berbagai objek wisata ini menjadi tujuan utama para pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Berikut beberapa di antaranya:

1. Malioboro

Malioboro adalah kawasan wisata yang tak pernah sepi. Bukan hanya pada musim liburan, tempat ini selalu dipadati aktivitas warga pada hari-hari biasa. Salah satu titik yang menjadi pusat keramaian adalah kawasan Titik Nol. Para pengunjung betah berlama-lama di tempat ini sambil menikmati suasana sore menjelang malam yang sangat eksotis. Di sepanjang sisi jalan Malioboro, ada area pedestrian yang juga dilengkapi dengan bangku-bangku. Banyak di antara para pengunjung yang duduk-duduk di bangku-bangku ini untuk melepas lelah atau sekadar bersantai. Bagi yang menyukai wisata belanja, Anda akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan kain batik, tas, dan berbagai aksesori khas yang digelar oleh para pedagang.

2. Candi Prambanan

Destinasi wisata yang tak kalah ramai adalah Candi Prambanan. Terletak di perbatasan wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah, akses menuju lokasi wisata tidak terlalu sulit. Dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Candi Prambanan dapat dijangkau dalam waktu 15-20 menit saja. Di Candi Prambanan, Anda dapat menyaksikan kemegahan sejarah masa lampau melalui bangunan candi yang masih kokoh. Selain Candi Prambanan, ada beberapa candi lain yang masih berada dalam kawasan yang sama. Para penggemar cerita sejarah wajib mengunjungi tempat ini.

3. Goa Pindul

Salah satu destinasi wisata yang kerap menjadi tujuan wisata adalah Goa Pindul. Destinasi ini menawarkan pilihan aktivitas seru dan menegangkan, yaitu menyusuri goa yang digenangi air. Mengapung dengan menggunakan ban, Anda dapat melihat struktur stalagtit yang unik di dalam goa. Bagi para penyuka tantangan, mengunjungi Goa Pindul adalah pengalaman tersendiri. Namun, tidak perlu takut karena ada para pemandu yang akan menuntun peserta di sepanjang perjalanan selama 15-20 menit itu.

4. Keraton Yogyakarta

Objek wisata yang merupakan destinasi wajib bagi turis yang berkunjung ke Jogja adalah Keraton Yogyakarta. Keraton adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Sebagian area Keraton dibuka untuk pengunjung umum sehingga masyarakat bebas datang untuk melihat suasana di dalamnya. Tidak terlalu jauh dari lokasi Keraton, Anda dapat mengunjungi objek wisata lain, yaitu Alun-Alun Kidul dan Taman Sari. Selain sejarahnya yang panjang, Anda dapat merasakan suasana Jogja yang sesungguhnya di kedua tempat ini.

5. Hutan Pinus Mangunan

Salah satu destinasi wisata kekinian yang menjadi favorit wisatawan adalah Hutan Pinus Mangunan. Objek wisata ini menawarkan pesona pemandangan alam yang indah dan hijau. Jajaran pohon pinus serta suasana pegunungan yang sejuk membuat Hutan Pinus Mangunan masuk dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi. Sejumlah spot menarik juga disediakan oleh pihak pengelola sehingga tempat ini tampak instagrammable. Tak heran jika Hutan Pinus Mangunan sering digunakan sebagai lokasi pemotretan untuk keperluan foto prewedding.

6. Merapi Lava Tour

Di wilayah utara Jogja, tepatnya daerah Kaliurang, Anda dapat menikmati pengalaman yang menegangkan dengan mengikuti Merapi Lava Tour. Dalam tur ini, Anda akan diajak melihat langsung lokasi yang terdampak erupsi Gunung Merapi. Dengan menggunakan kendaraan jeep, kamu dapat melakukan aktivitas ini dalam kelompok kecil. Tempat wisata lain yang terdapat di Kaliurang adalah The Lost World Castle. Ini adalah sebuah objek wisata yang terdiri atas miniatur bangunan-bangunan terkenal dari seluruh dunia. Selain beberapa tempat wisata tersebut,masih ada banyak destinasi wisata sejarah, wisata alam, atau wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi di Jogja.