Pantai Parangtritis Wajib Sahabat Rental Motor Kunjungi

Pantai Parangtritis Wajib Sahabat Rental Motor Kunjungi

Pantai Parangtritis Wajib Sahabat Rental Motor Kunjungi – Sahabat rental motor jogja mungkin tidak asing lagi dengan Pantai Parangtritis atau terkenal dengan Pantai Paris menjadi salah satu pantai yang paling dikenal yang ada di kota pelajar. Pantai Parangtritis lokasinya ada di Parangtritis sebuah desa kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Letak Pantai Parangtritis ini 27 kilometer dari menuju ke Selatan bila kita menempuh dari pusat kota Yogyakarta.

Kalau sahabat rental motor jogja menempuh dengan kendaraan sendiri jalurnya sangat mudah tinggal mencari jalur jalan Parangtritis. Setelah itu tinggal mengikuti jalan saja untuk bisa sampai ke daerah wisata pantai Parangtritis, namun pastikan tetap memperhatikan penunjuk arah ataupun pengalihan arus akibat macet supaya sahabat rental motor jogja lebih nyaman saat dalam perjalanan kesana.

Untuk Pilihan Rental Motor di Jogja anda bisa BACA DISINI.

Namun bila sahabat rental motor jogja ingin backpacker-an naik kendaraan transportasi umum, bisa menggunakan bis Trans Jogja menuju ke arah terminal Giwangan, sesampainya disana cari bis jurusan Parangtritis membutuhkan biaya sekitar Rp.4.000,- untuk TransJogja untuk single trip dan Rp.6.000,- untuk bis jalur Parangtritis (sewaktu-waktu harga bisa berubah).

Setelah sampai di lokasi bisa langsung masuk ke area dengan tiket masuk cukup murah 5.000/orang ditambah dengan tiket masuk motor Rp.2000,- dan mobil Rp.5.000,- Bagiamana seru kan sahabat rental motor jogja? Disana selain tiketnya murah juga tersedia berbagai fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Parangtritis. Sebenarnya Pantai Parangtritis bukanlah sebuah objek wisata pantai yang terpisah, namun kesatuan destinasi wisata dari beberapa objek wisata yang terdapat dalam satu lokasi tidak berjauhan dengan Pantai Parangtritis antara lain : Dataran tinggi Gembirowati, Petilasan Parangkusumo, Makam Syeh Maulana Maghribi, Makam Ki Ageng Selohening, Pantai Depok, Pantai Parang Kusumo, Tempat Pelelangan Ikan Depok, Pemandian Parawedang, Makam Syeh Bela Belu dan Gumuk Pasir.

Jadi kalau ditanya fasilitas banyak sekali sahabat rental motor jogja, namun yang bisa dipesan langsung adanya persewaan kendaraan ATV, kereta kuda dan kuda tunggangan. Bahkan akhir-akhir ini sudah mulai memberikan jasa sewa paralayang dan gantole tetapi harus menaiki puncak dari bukit sebelah pantai. Asyik kan, ya iyalah sahabat rental motor jogja, bisa menyalurkan minat dan hobi yang meningkatkan adrenalin.

Apa itu ATV? kepanjangannya adalah All Terrain Vehicle adalah sebuah kendaraan yang memiliki empat roda bisa digunakan untuk di semua medan, sangat cocok buat sahabat rental motor jogja yang berjiwa adventure. Bentuknya yang mirip mobil mini dengan kendali berupa stang motor, pengen mencoba kan? Ga mahal kok disini disewakan Rp. 50.000,- untuk pemakaian 15 menit. Jangan sampai tidak mencoba ya sahabat rental motor jogja.

Sedangkan untuk jasa persewaan kuda atau dokar, Anda cukup hanya membayar Rp. 20.000, – untuk satu kali putaran bolak balik. (harga dapat berganti sewaktu-waktu).

Inilah yang sebenarnya yang menjadi salah satu daya tarik parangtritis sahabat rental motor jogja, dengan karakter pantai ini mempunyai hamparan pasir berwarna hitam keabu-abuan yang selalu ditemani gempuran ombak yang bergantian dengan deras. Menjadi daya tarik untuk berkeliling-keliling dengan sarana wisata andong. Betul sekali sahabat rental motor jogja, andong atau kendaraan kereta kuda siap jalan menemani keliling-keliling pantai dengan ditemani deburan ombak dan tiupan angin yang membawa kesejukan ditengah terik matahari.

Jangan sampai hanya berangkat berlibur kesini sendirian ya, pastikan keluarga dan buah hati sahabat rental motor jogja ikut menemani karena pasti mereka bakalan bahagia dan happy sekali setelah dari sini.

Fenomena Rip Current

Mungkin seringkali mitos yang beredar di sepanjang pantai daerah selatan Jogja ini, terutama Pantai Parangtritis termasuk terjadi kecelakaan-kecelakaan tenggelamnya sejumlah orang yang sedang berwisata di Pantai Parangtritis, banyak yang mengira hal-hal yang berkaitan mistis dan gaib yang menyebabkan hal tersebut namun berbeda dengan rekan praktisi ilmu Bumi menyatakan salah satu penyebab hilangnya dari sejumlah wisatawan tersebut terutama disebabkan karena fenomena yang dinamakan ripcurrent. Sebuah arus balik yanng memiliki kecepatan 75-80 kilometer/jam. Wow cepat sekali bukan sahabat rental motor jogja. Bukan hanya selain cepat tapi pasti juga memiliki daya dorong/hisap yang kuat bahkan mematikan.

Salah satu jajaran struktur di Laboratorium Geospasial Parangtritis yang bernama I Nyoman Sukmantalya, selaku ketua menyampaiakan bahwa informasi tentang rip current masih sangat kurang, sehingga masyarakat umumnya masih mempunyai pandangan penyebab dari peristiwa hilangnya wisatawan disana dikaitkan dengan hal yang berbau mistis.

Padahal secara ilmiah hal tersebut dapat dijelaskan namun karena minimnya informasi itu sehingga masyarakat masih sering salah kaprah, hal ini disebabkan rip current yaitu, arus balik air laut yang berasal dari aliran ombak air laut datang yang mengenai pantai kemudian balik lagi kembali ke lautan, dan bisa menjadi sebuah arus balik yang sangat kuat karena terjadi dari dua atau lebih gelombang air laut datang. Kekuatan balik ke arah lautan yang terjadi tentu saja lebih kuat dari teropaan gelombang ombak datang, mampu menarik apa saja di pinggiran pantai masuk ke dalam lautan terutama pengunjung yang dalam keadaan tidak siap akan mudah sekali hanyut.

Yang lebih menakutkan lagi, bukan hanya kuat namun juga cepat dalam hitungan beberapa detik untuk menabrak pantai kemudian menyeret kembali ke lautan. selain itu tidak saja terjadi di satu titik saja, bisa berganti pada beberapa titik bergantung dari mana arah datang gelombang air lautnya dari laut ke darat.

Ada hal juga yang pernah disampaikan dari pihak Laboratorium Geospasial Parangtritis bahwa korban biasanya gampang terbawa arus balik ke laut karena posisinya pada saat terkena arus balik rip current saat itu sudah jauh dari daerah bibir pantai. Sehingga posisi korban tersebut sangat tidak stabil karena tanah pijakan sudah tidak kuat dan dalam sehingga daya cengkeram ke tanah pantai berkurang.

Disamping itu karena kaget dan tidak ada tempat untuk berpegangan sehingga semakin membuat korban bingung dan panik, melakukan gerakan-gerakan yang tidak perlu malah justru mengakibatkan habisnya tenaga dan kelelahan. Sebenarnya bila korban yang terbawa arus tersebut bisa tetap tenang masih besar kesempatan untuk kembali ke permukaan karena arus tersebut berputar dalam laut memungkinkan dari bawah bisa kembali keatas. Bila sudah sampai diatas maka akan lebih mudah untuk berenang ke tepian, atau mengikuti arus gelombang air laut yang datang untuk kembali pantai bisa juga dilakukan untuk meminta bantuan dengan berteriak maupun menggerak-gerakan tangan.

Sahabat rental motor jogja tentu bertanya-tanya dengan keadaan korban yang hilang. Karena mitos yang berkembang di daerah ini adalah apabila ada korban hilang tenggelam jasadnya disembunyikan di kerajaan laut selatan sehingga sangat sulit untuk ditemukan. Hal ini sering terjadi namun bukan tanpa jawaban yang ilmiah untuk hal ini, terkadang bila korban melakukan usaha membebaskan diri dari arus balik tersebut malah justru membuat urung untuk mengapung.

Berlawanan dengan hal itu, korban malah dapat terseret ke arus bawah laut atau masuk tersangkut pada bebatuan karang atau terperosok dalam patahan yang jaraknya cukup jauh dari bibir pantai sekitar 1 kilometer. Disana akan bercampur dengan material-material yang terdapat disana, baru bisa terangkat setelah ada arus yang mengangkat dari patahan di dasar laut tersebut.

Mungkin terdengar cukup mengerikan di telinga sahabat rental motor jogja, bagaimana arus balik rip current itu bisa muncul di mana saja dengan kekuatan yang besar kemudian bisa menyebabkan korbannya tertimbun di dasar lautan. Walaupun pada dasarnya dapat dikenali tetap saja sulit diketahui dan diperkirakan kapan datang, tapi ada cara untuk mengenalinya biasanya terjadi saat permukaan gelombang lebih tenang, dan berbuih selain itu terjadi pada titik-titik cekung pantai yang berwarna keruh karena terkandung materi padat dari pantai.

Ini yang justru sering mengecoh para wisatawan pada saat yang tenang justru ada potensi arus balik yang sangat berbahaya. Namun begitu cara terbaik untuk mengurangi bahaya resiko terbawa arus balik rip current di pantai dengan tidak berenang di tengah lautan. Dan perlu diingat agar sahabat rental motor jogja selalu mematuhi semua peraturan dan rambu-rambu yang dipasangkan oleh tim SAR di sepanjang pantai Parangtritis.

Disamping itu kondisi keadaan cuaca harus diperhatikan karena akan membesar di musim penghujan karena pengaruh adanya angin Barat. Termasuk berenang di saat malam di laut sahabat rental motor jogja hindari sebisa mungkin, karena potensi arus balik semakin besar seiring dengan adanya air pasang. Amat sangat berbahaya dan bahkan pakar-pakar geomorfologi menyatakan bahwa tidak ada pantai di daerah Yogyakarta yang aman semua memiliki potensi arus balik yang kuat, termasuk pantai-pantai yang terdapat di sepanjang daerah Gunung Kidul.

Karena itu pemerintah berusaha memberikan informasi yang benar serta pemahaman mengenai apa-apa yang menyebabkan bencana atau kecelekaaan yang terjadi di laut kepada warga sekaligus pengunjung. Harapannya dengan masyarakat yang lebih paham bisa memberikan pemahaman lebih kepada wisatawan sehingga dalam berlibur tetap dalam tingkat kewaspadaan dan berhati-hati dengan kondisi yang ada di tempat wisata yang mereka kunjungi. Sahabat rental motor jogja juga perlu memahami bahwa semua larangan maupun informasi dan himbauan dari petugas pantai atau tempat wisata adalah sebuah langkah pemberitahuan awal dan bisa menjadi panduan untuk berhati-hati pada saat berlibur.

Bahkan sosialisasi secara langsung tidak jarang dilakukan kepada wisatawan untuk mengedukasi agar tahu apa yang perlu diperhatikan dan dihindari dalam berliburan di pantai terutama yang memiliki potensi arus balik rip current seperti pantai Parangtritis ini. Informasi dasar seperti tingkat ketinggian air yang bisa membawa orang dewasa ternyata hanya cukup ketinggian setinggi paha saja bisa terbayangkan bagaimana berbahaya rip current, dan yang paling aman, tinggi air hanya sampai setinggi mata kaki saja.

Secara umum ada sifat-sifat rip current dapat diketahui sebagai berikut :

  • Perbedaan tinggi dari gelombang air laut antara sebelah kanan kiri, atau diantara keduanya,
  • Menaruh benda terapung, apabila terbawa kearah lautan maka tempat itu ada potensi rip current
  • Mengamati kekeruhan air laut terjadi karena kecenderungan bercampur materi, apalagi yang menuju ke arah lepas pantai maka kemungkinan terdapat adanya arus balik rip current. Dan dapat dilihat dari tempat yang lebih tinggi sehingga kemungkinan penjaga pantai bisa melihat dari menara pengawas.

Tips yang bisa dilakukan saat terbawa arus rip current :

  • Usahakan jangan berenang melawan arus balik menuju ke arah pantai,
  • Berusahalah tetap untuk mengikuti arus, akan berangsur-angsur melambat dan sedikit bebas dari pergerakan air.
  • Berenang ke arah kiri maupun kanan kita baru kembali ke pantai, tetap menjaga untuk berada di luar arus balik yang kuat sambil mencari kesempatan untuk keluar.

6 Spot Favorit Wisatawan di Pantai Parangtritis

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat yang sangat menarik di area terbuka atau outdoor, sangat cocok untuk berselfie dan mengambil gambar baik saat sahabat rental motor jogja sendiri maupun dengan keluarga untuk menyimpan mengabadikan momen indah saat disana yang tidak terlupakan dengan nuansa padang pasir seperti di daerah Asia Timur Tengah. Sangat pas mengambil gambar pada pagi dan sore hari pada saat sinar matahari tidak panas sekali, jadi mendapatkan gambar dengan pencahayaan yang cukup namun tetap memberikan rasa nyaman bagi yang di foto maupun yang mengambil foto.

2. Bukit Parang Endog

Ada sebuah spot yang menarik di daerah Parangtritis, bukan melulu sahabat rental motor jogja akan disuguhi keindahan wisatan pantai dibawah sinar matahari, namun juga ada spot yang menarik bernama bukit parang Endog. Biasanya digunakan bukan hanya tempat konkow menikmati pemandangan laut dari atas bukit tetapi juga menyediakan wahana olahraga pemacu adrenalin berlayang diatas pantai menggunakan paralayang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berjiwa petualang. Bukan hanya di siang hari dimalam hari juga memberikan pemandangan yang sangat indah dimana desa-desa di sekitar Parangtritis membentuk kerlap kerlip lampu dari kejauhan.

3. Spot Landas Pacu Pantai Depok

Mungkin sahabat rental motor jogja tidak pernah mengira bahwa di Parangtritis ada landasan pacu yang digunakan untuk penggunaan aero modelling, bisa menjadi spot yang menarik bagi wisatawan yang datang dengan hamparan landasan yang panjang berkisar 400 meter ini membentang dengan latar belakang bukit-bukit dan bagian-bagian penanda landas pacu menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadi tempat untuk mengambil foto pribadi maupun komersial.

4. Jalan Antara Pantai Parangtritis-Pantai Depok

Saat berjalan-jalan diantara Pantai Parangtritis melewati gumuk pasir menuju ke Pantai Depok, Sahabat rental motor jogja akan melewati jalan dimana disebelah kanan kirinya tumbuh cemara pantai sehingga akan terasa sejuk selama berjalan diantaranya.
Salah satu spot yang menjadi favorit wisatawan yang datang karena cukup mudah mendapatkan sinar matahari dan sejuk. Tetapi tetap hati-hati bila menggunakan spot disana karena disana merupakan jalan umum sehingga banyak kendaraan yang berlalu lalang.

5. Parangtritis Queen of the South Resort

Sebuah resort yang terdapat di Pantai Parangtritis, selain bisa menjadi spot yang keren untuk mengabadikan momen sahabat rental motor jogja bersama keluarga maupun rekan, suasananya yang tenang dan romantis sangat pas buat menghabiskan waktu saat sunset dan sunrise. Biaya masuknya pun tidak terlalu mahal hanya Rp. 100.000,-/orang sudah dapat menghabiskan waktu disana saat matahari terbit dan terbenam, walaupun tanpa perlu menginap walaupun disini juga disediakan kamar untuk para wisatawan untuk menginap.

6. Spot Watu Lumbung

Berjarak sekitar 4 km dari arah Pantai Parangtritis, para wisatawan dapat berkunjung ke sebuah perkampungan edukasi dengan view pemandangan yang sangat indah dan alami.. Disana terdapat sebuah kedai dimana wisatawan dapat memperoleh kopi dan makanan seperti pisang keju bakar dan fasilitas pinjaman 3 buah buku yang bagus. Asyik kan sahabat rental motor jogja.

Jadi ke Jogja tanpa ke pantai Parangtritis bagaikan sayur tanpa garam, tidak nendang jadi jangan sampai melewatkan Pantai Parangtritis yang tidak ada habisnya ya sahabat rental motor jogja.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *