bukit wisata selo langit jogja

Wisata Bukit Selo Langit Yogyakarta

Selo Langit Yogyakarta menjadi satu dari banyaknya wisata perbukitan yang ada di Jogja. Lokasinya berada di kecamatan Prambanan, Sleman. Rupanya yang tengah menjadi momok pembicaraan orang adalah kawasan ini digunakan sebagai kawasan untuk menikmati matahari terbit alias sunrise. Selain itu, lokasi ini juga dijadikan spot memandang cantiknya gunung Merapi!

Lokasi Selo Langit Yogyakarta

Lokasi Selo Langit berada di dusun Gedhang Atas, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, Sleman. Berada di perbukitan Prambanan di sebelah timur situs Candi Ijo. Rutenya ialah dari timur kemudian ke arah tebing Breksi dan Candi Ijo. Dari kawasan candi Ijo kemudian ikuti perjalanan menuju 2 hingga 3 km sampai tiba di kawasan wisata Selo Langit. Area parkirnya masih terbatas yaitu dengan kendaraan roda dua saja. untuk kendaraan rooda empat masih dapat parkir di area bawah.

BACA JUGA ULASAN TENTANG CANDI IJO JOGJA

Wisata Selo Langit juga berada di sebuah puncak bukit dengan pemmandangan kearah timur dan juga tenggara. Bukitnya telah dikembangkan dengan baik dan jugaa unik karena merupakan bagian dari gunung api purba.

bukit wisata selo langit yogyakarta
Keunikan Selo Langit

Tebing wisata Selo Langit ini menjadi bibir dari kawah purba yang telah berumur jutaan tahun lamanya. Dari hasil penelitian bebatuan di kawasan ini sudah berumur sekitar 18 juta tahun. Namun wisataan tidak dapat melihat bentuk gunung api purba secara utuh seperti Gunung Api Purba Nglanggeran yang ada di bagian selatan. Oleh karena itu, kawasan ini lebih menyerupai sebuah perbuktian.

Yang menjadi uniknya lagi adalah adanya Watu Payung. Watu Payung merupakan dua buah batu yang terbentuk menyerupai sebuah payung. Janis batu yang disebut batu payung merupakan batu apung yang memiliki bentuk buih lava dari jutaan tahun lamanya. Disebut juga dengan batu pumice. Apabila dilihat dengan lebih jelasnya, batu tersebut memiliki rongga banyak pada bagian samping.

Sejarah Selo Langit Yogyakarta

Sejarah mengenai nama Watu Payung ini konon katanya merupakan lokasi yang digunakan untuk tempat berlindung atau juga bersembunyi dari tentara Belanda. Perbukitan yang ada di lokasi pertempuran kedua tentara yaitu Indonesia dan juga Belanda. Akan tetapi tidak ada bukti sejarah seperti halnya prasati atau juga makan dari pejuang yang gugur dalam penguatan cerita ini.

Kawasan ini kemudian dikembangkan sebagai wisata Selo Langit yang mana dapat dijadikan lokasi camping seru, outbond, juga menikmati matahari kala pagi. Kebedaannya cukup pas karena posisinya menghadap kea rah timur dan bisa melihat matahari terbit. Fasilitas yang dibangun antara lain ada spot selfie, kamar mandi, dan juga gazebo.

Tiket Masuk

Kawasan selo langit ini sangat sesuai dijadikan lokasi menikmati matahari terbit di daerah Sleman. Tiket menuju kawasan ini terbilang masih gratis. Serta untuk parkirnya dikenakan tarif sejumlah Rp. 2.000. sementara itu untuk parkir mobil Rp. 5000.

sewa motor di selo langit jogja

sewa motor di selo langit jogja

Dekat dengan kawasan wisata Selo Langit adalah obyek wista lain yang bisa dikunjungi yaitu Candi Ijo dan Tebing Breksi. Kunjungi wisata Jogja yuk!

BACA JUGA ULASAN SELENGKAPNYA OBYEK WISATA DI JOGJA

Nah kalau bingung mengenai kendaraan yang akan kamu gunakan, bisa nih kamu sewa motor Jogja di DK Rental Motor. Pun kalau kamu ingin ajak teman-teman kamu naik mobil bisa juga dengan sewa mobil di Jogja di DK Rental Mobil. Pokoknya kami siap menjadi solusi kegalauan Anda mencari armada untuk beriwisata.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *